Anggota Satpol PP Jadi Jukir di KFC Toraja, Kok Bisa?

Keberadaan anggota Satpol PP tersebut untuk membantu Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Mekar Sejahtera.

Penulis: Freedy Samuel Tuerah | Editor: Apriani Landa
TribunToraja/Freedy Samuel
SATPOL PP - Anggota Satpol PP mengatur kendaraan yang akan parkir di halaman KFC Toraja, Senin (9/1/2023). Keberadaan anggota Satpol PP tersebut disebutkan untuk membantu Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Mekar Sejahtera Toraja Utara. 

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) memiliki fungsi menegakkan Perda dan Perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman, dan menyelenggarakan pelindungan masyarakat.

Taoi, bagaimana jika anggota Satpol PP malah jadi juru parkir (jukir)? Dan jadi jukir di perusahaan swasta.

Seperti terlihat di store Kentucky Fried Chicken (KFC) Toraja, Jalan Pongtiku, Kelurahan Karassik, Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Terpantau oleh TribunToraja.com, Senin (9/1/2023), anggota Satpol PP Toraja Utara terlihat mengarahkan pengunjung KFC Toraja saat hendak memarkirkan kendaraannya. Tidak lupa memberikan karcis kepada pengendara yang akan meninggalkan KFC.

Bukan hanya sekali ini saja, tapi sejak KFC ini mulai melayani masyarakat Desember 2022 lalu, beberapa anggota Satpol PP terlihat mengatur parkir di sana.

Selain mengatur kendaraan yang mau parkir, anggota Satpol PP juga mengatur lalu-lintas di depan KFC Toraja.

Dikonfirmasi via WhatsApp, Kasatpol PP Toraja Utara, Rianto Yusuf, membenarkan anggotanya bertugas di KFC.

"Ia benar itu anggota Satpol PP Toraja Utara," ucap Rianto.

"Mereka membantu mengarahkan pengunjung KFC Toraja untuk memarkirkan kendaraannya. Mereka juga mengatur lalu lintas di depan KFC," tambahnya.

Ia menjelaskan, keberadaan anggota Satpol PP tersebut untuk membantu Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Mekar Sejahtera, yang mengelola parkiran di KFC tersebut. Alasannya karena kekurangan anggota.

"Jadi, kami membantu Perumda, yang di mana uang dari karcis ini masuk ke Pendapatan Asli Daerah (PAD)," ucapnya.

Parkir di KFC, untuk mobil dikenakan Rp 4 ribu dan untuk motor dikenakan Rp 2 ribu.

Perlu diketahui, Perumda Mekar Sejahtera adalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang berdiri sejak tahun 2019 sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 10 tahun 2019.

BUMD ini dibentuk dengan maksud menunjang perkembangan dan peningkatan perekonomian daerah dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Perumda Mekar Sejahtera, bergerak dalam beberapa bidang usaha, salah satunya adalah perpakiran.

Saat ini, ada 14 juru parkir yang terdiri dari parkir tempat khusus dan parkir tepi jalan umum.

Sementara, KFC Toraja ini merupakan yang pertama di Bumi Lakipadada, hadir per 1 Desember 2022 lalu. INi adalah store ke-733 KFC di seluruh Indonesia.

KFC didirikan oleh Kolonel Harland Sanders (1890–1980), seorang pengusaha yang mulai menjual ayam goreng dari restoran pinggir jalan di Corbin, Kentucky, Amerika Serikat.

Kentucky Fried Chicken (KFC) pertama dibuka di Utah, Amerika Serikat, pada tahun 1952.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved