LSP SMKN 1 Tana Toraja Gelar RCC Asesor Kompetensi, Ini Targetnya

Kegiatan ini diikuti 22 orang Asesor Kompetensi (Askom) yang terdiri dari 21 guru SMK dan satu orang orang dosen Politeknik Negeri Pangkep.

Penulis: Freedy Samuel Tuerah | Editor: Apriani Landa
ist
Peserta RCC menjalani tes yang digelar LPS SMKN 1 Tana Toraja 

TRIBUNTORAJA.COM - Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) SMKN 1 Tana Toraja bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) mengadakan Refreshment dan Recognition of Current Competency (RCC) di Misiliana Hotel, Toraja Utara, 10-12 Januari 2023.

Hadir sebagai narasumber yaitu Karyaman LB MM dan Yunarti SP MSi yang merupakan Master Asesor BNSP.

Kegiatan ini diikuti 22 orang Asesor Kompetensi (Askom) yang terdiri dari 21 guru SMK dan satu orang orang dosen Politeknik Negeri Pangkep.

Adapun guru SMK yang hadir masing-masing dari SMKN 1 Tana Toraja sebanyak 9 orang, 1 orang dari SMKN 4 Tana Toraja, 4 orang SMKS Kr Pelangi, dan 2 orang SMKN 3 Soppeng.

Kegiatan tersebut dibuka Kepala Cabang Dinas Wilayah X Dinas Pendidikan Propinsi Sulawesi Selatan, Tien Suhartini SPd MSi. Hadir juga jajaran Wakasek SMKN 1 Tana Toraja dan Ketua LSP SMKN 1 Tana Toraja, Seny Itto Patoding SPd

Refreshment dan Recognition of Current Competency (RCC) bisa juga diartikan penyegaran dan untuk memperoleh perpanjangan Sertifikat Asesor Kompetensi.

Seny Itto Patoding menjelaskan bahwa salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam melaksanakan uji kompetensi bagi siswa adalah adanya tenaga asesor kompetensi yang memiliki sertifikat kompetensi dari BNSP.

Sertifikat tersebut diberikan kepada seorang asesor jika dinyatakan lulus dalam pelatihan dan uji kompetensi yang diadakan BNSP.

"Namun, sertifikat kompetensi tidak berlaku seumur hidup karena BNSP menetapkan adanya masa aktif dari sertifikat tersebut," ucap Seny Itto dalam keterangan persnya yang diterima TribunToraja.com, Jumat (13/1/2023).

Masa aktif sertifikat kompetensi adalah maksimal 3 tahun.

Di SMKN 1 Tana Toraja, sejumlah guru telah memiliki sertifikat kompetensi. Tetapi sebagian besar di antaranya memasuki batas waktu.

Agar dapat memperpanjang masa berlaku sertifikat tersebut, maka seorang asesor harus mengikuti kegiatan RCC.

Ketua Tim Kerja RCC, Max Baan SPd, mencatat, pelatihan RCC ini diikuti jurusan BKP 1 orang, Jurusan DPIB 1 orang, Jurusan TITL 5 orang, jurusan TKR 7 orang, jurusan TKJ 3 orang, jurusan Audio Video 3 orang, dan Skema Kepala Bagian Pemasaran LSP Politani Pangkep 1 orang.

Maka LSP SMKN 1 Tana Toraja setelah mengikuti RCC ini akan memiliki 68 asesor kompetensi yang siap untuk melakukan Asesmen.

Kepala UPT SMKN 1 Tana Toraja selaku Dewan Pengarah LSP SMKN 1 Tana Toraja, Sofyan Linggi SPd, mengatakan, peserta pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan dan mampu memahami kembali kebijakan sistem sertifikasi kompetensi.

"Peserta juga diharapkan mampu merencanakan aktivitas dan proses asesmen, serta memberikan kontribusi dalam skema uji kompetensi," ujarnya.

Peserta juga diminta terus berkomitmen untuk membangun dan memastikan seluruh asesi yang di-asessmen kompetensinya.

"Se,oga memperoleh sertfikat kompetensi setelah mengikuti uji kompetensi di LSP nantinya," ucap Sofyan.

LSP akan membantu memastikan link and match antara kompetensi lulusan dengan tuntutan kompetensi pasar kerja.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved