Mengenal Pa'gellu, Kesenian Tari Khas dari Toraja

Tari Pa’gellu atau Ma’gellu biasanya ditampilkan dalam kegiatan Rambu Tuka’ atau kegiatan kesukaan seperti upacara syukuran, upacara peresmian rumah T

Editor: Apriani Landa
int
Tarian Pa'gellu 

TRIBUNTORAJA.COMToraja merupakan salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang memiliki tradisi dan budaya yang unik..

Toraja merupakan suku memiliki keunikan yang sangat khas di Sulawesi Selatan.

Suku Toraja terkenal dengan adat istiadatnya yang kental dan kesenian tari yang khas, baik dari gerak tari, musik, dan busananya.

Salah satu kesenian gerak tari yang terkenal dari Toraja adalah tari Pa’gellu’. Ini adalah tari tertua yang ada di wilayah Toraja.

Tari Pa’gellu atau Ma’gellu biasanya ditampilkan dalam kegiatan Rambu Tuka’ atau kegiatan kesukaan seperti upacara syukuran, upacara peresmian rumah Tongkonan, penyambutan tamu, pernikahan, dan lainnya.

Pa’gellu berasal dari bahasa Toraja yang berarti menari-nari dengan riang gembira sambil menggerakkan tangan serta badan bergoyang dengan gemulai mengikuti irama gendang.

Dikutip dari kemenparekraf.go.id, konsep tarian ini adalah hiburan dan bersifat rekreatif, biasanya dilakukan untuk menyambut tamu terhormat.

Tarian ini tidak boleh dilakukan pada saat upacara kematian, karena ini merupakan sebuah manifestasi kegembiraan yang diekspresikan dalam bentuk gerak yang lembut dengan alunan musik tradisional.

Tari Pa’gellu digelar di halaman rumah atau di depan tamu kehormatan. Dan boleh dilaksanakan kapan saja baik siang maupun malam hari. Tarian ini dilakukan oleh lima atau tiga orang gadis.

Akan tetapi jika salah satu dari mereka ada keluarga yang meninggal dan belum dimakamkan, maka ia tidak diperbolehkan untuk menari karena dianggap masih berduka.

Pakaian dan aksesoris yang digunakan memakai khas Toraja, dan diiringi gendang yang ditabuh oleh beberapa pria.

Yang unik dari tarian ini karena penarinya bergerak mengikuti irama gendang selalu jinjit dan tangan yang seperti dipatahkan.

Semua Gerakan ini memiliki makna filosofis dan nilai-nilai sosial berkaitan dengan fungsi kesenian dalam kehidupan masyarakat.

Bagi masyarakat Toraja sendiri tari ini merupakan bentuk kebanggaan dan ungkapan suka cita atas segala berkat yang melimpah yang diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved