Obat Herbal

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Obat Alami yang Ada di Dapur

sakit gigi menimbulkan rasa nyeri yang kuat. Seseorang menderita sakit gigi tidak hanya karena gigi berlubang. 

Penulis: redaksi | Editor: Muh. Irham
ist
Ilustrasi Sakit Gigi 

TRIBUNTORAJA.COM - Penyakit sakit gigi memang sangat mengganggu. Jika nyeri terjadi, biasanya orang yang mengalami tidak beraktivitas dengan baik dan perasaan menjadi tidak nyaman.

Sebab, sakit gigi menimbulkan rasa nyeri yang kuat. Seseorang menderita sakit gigi tidak hanya karena gigi berlubang. 

Mengutip dari Kompas.com, sakit gigi bisa disebabkan karena gigi sensitif, kebiasaan menggertakan gigi, tumbuh gigi bungsi, karies gigi, tambalan gigi lepas, penyakit gusi, dan gigi rusak.  

Biasanya, para penderita akan mengonsumsi obat dari dokter untuk meredakan rasa nyeri saat sakit gigi.  

Opsi lainnya, para penderita sakit gigi bisa mengonsumsi obat herbal untuk meredakan nyeri sakit gigi.  

Obat alami meredakan sakit gigi 

Belakangan sebagian orang lebih senang mengonsumsi obat herbal untuk mengobati penyakitnya. Alasannya, obat herbal dipercaya lebih aman dan minim efek samping.

Sakit gigi pun bisa diobati dengan obat herbal. Ini menjadi solusi untuk Anda yang enggan mengonsumsi obat kimia.  Berikut obat herbal untuk atasi sakit gigi.  

1. Sereh  

Sereh memiliki sifat analgesik alias pereda nyeri dan antibakteri.  Untuk membuat obat herbal untuk sakit gigi dari serai caranya cukup mudah. Anda siapkan sereh 15 gram dan daun sirih 5 lembar. 

Anda cuci serai dan daun sirih sampai bersih. Setelah itu, Anda rebus serai dan daun sirih dengan air sebanyak 400cc.   Anda rebus sereh dan daun sirih sampai mendidih dan menyisahkan air sekitar 200 cc. 

Setelah hangat, Anda buat air rebusan sereh dan daun sirih untuk kumur-kumur.  Anda bisa mengulangi lagi berkumur dengan air rebusan tersebut sebanyak tiga kali sehari. 

2. Cengkeh  

Mengutip dari buku berjudul Menguak Tabis & Potensi Jamu Gendong karya Suharmiati, cengkeh mengandung eugenol, vanilin, tanin, asam galotanat, dan kalsium oksalat. 

Halaman
1234
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved