Pemilu 2024

Digelar Besok, 991 Calon PPS KPU Tator Akan Ikuti Seleksi Wawancara

Untuk mengefektifkan waktu dan meminimalisir pengeluaran biaya transportasi peserta, seleksi wawancara akan dilaksanakan di 19 kecamatan di Tator.

Penulis: Agatoni Buttang | Editor: Apriani Landa
TribunToraja
KPU 

TRIBUNTORAJA.COM, MAKALE - Sebanyak 991 calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Toraja dinyatakan lolos seleksi tes tertulis.

Setelahnya, mereka akan mengikuti seleksi wawancara, Rabu (18/1/2023) besok.

Seleksi ini akan dilaksanakan selama 3 hari, hingga Jumat (20/1/2023) mendatang.

Untuk mengefektifkan waktu dan meminimalisir pengeluaran biaya transportasi peserta, seleksi wawancara akan dilaksanakan di 19 kecamatan di Tator.

"Untuk mengurangi pengeluaran biaya trasportasi dari peserta maka kita laksanakan wawancara di masing-masing kecamatan," kata Elis Mangesa, Anggota Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU Tator, Selasa (17/1/2023).

Seperti diketahui, terdapat 3 tahapan seleksi PPS yakni tes seleksi berkas, tes seleksi tertulis, dan tes seleksi wawancara.

Elis menyebut pada tahun ini, terdapat 1.093 orang lolos seleksi berkas PPS KPU tana Toraja.

Hanya saja, peserta yang dinyatakan lolos seleksi tes tertulis hanya 991 orang.

Kata Elis, sebanyak 102 orang tidak lolos lantaran hasil ujian tidak memenuhi dan beberapa diantaranya tidak hadir saat pelaksanaan tes tertulis.

“Dari 1.093 yang lolos seleksi berkas, hanya 991 yang lolos tes tertulis. 102 orang tidak lolos karena tidak memenuhi dan ada yang tidak hadir saat seleksi," katanya.

Calon PPS Pemilu 2024 yang lolos akan diumumkan hasil wawancaranya pada 21 Januari 2023.

Hasil seleksi wawancara akan ditetapkan sebanyak 6 orang setiap desa/kelurahan/lembang.

Tiga orang urutan pertama akan menjalankan tugas sebagai PPS, urutan ketiga setelahnya akan menjadi anggota Pengganti Antar Waktu (PAW).

"Semisal dari 3 orang ini tidak dapat menjalankan tugasnya seperti sakit dan lain hal maka penggantinya dari 3 orang lainnya, urutan 4 sampai 6 kemudian akan diseleksi ulang oleh komisioner KPU," ujarnya.

Pelantikan PPS Tator akan digelar pada 24 Januari 2023 mendatang.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved