PMKRI Rakernas di Toraja

Tiga Syarat Jadi Pemimpin Ala Yohanis Bassang Bupati Toraja Utara

Dalam penyampaian materinya, Yohanis Bassang yang akrab disapa Ombas menyampaikan bahwa ada tiga hal yang harus dimiliki jika ingin menjadi pemimpin.

Penulis: Ricdwan Abbas | Editor: Apriani Landa
ist
Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang (pakai topi) saat menghadiri Rakernas PMKRI di gedung Tammuan Mali, Makale, Tana Toraja 

TRIBUNTORAJA.COM, Makale - Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang MSi, dan Direktur Utama KSU Bintang Muda 88, Stepanus Palluan, menjadi pemateri dalam Diskusi Publik Rakernas XI PMKRI St Thomas Aquinas 2023 gedung Tammuan Mali, Makale, Tana Toraja, Selasa (24/1/2023).

Diskusi publik ini mengangkat tema "Transformasi Paradigma Pelaku Ekonomi di Era Smart Society".

Dalam penyampaian materinya, Yohanis Bassang yang akrab disapa Ombas menyampaikan bahwa ada tiga hal yang harus dimiliki jika ingin menjadi pemimpin.

"Saya mau ingatkan untuk adik-adik PMKRI yang ada di sini, tiga syarat untuk jadi pemimpin yaitu Anda harus punya kemauan, kedua Anda harus bijak, dan yang ketiga Anda harus punya hati," tegas Ombas.

Ombas juga menekankan bahwa pentingnya memiliki kecakapan teknis untuk mengikuti perkembangan, jadi bukan hanya sekedar paham konsep saja.

Sebagai pemimpin, katanya, dalam menyusun kebijakan harus melihat dampak yang bisa diberikan untuk sekitar, khususnya dalam hal ini pemerintah daerah untuk UMKM.

Sementara itu, Stepanus Palluan menyampaikan bahwa generasi muda harus bisa mengembangkan potensi usaha yang ada di sekitarnya.

"Apalagi di era sekarang ini, kita dimudahkan dengan platform digital, tentu kita harus mengikuti perkembangan tersebut," ucapnya.

Dari forum tersebut, Stepanus berharap peserta Rakernas dapat memberikan pandangan untuk menyusun program kerja yang bisa membantu membangun dan mengembangkan UMKM di cabang PMKRI di seluruh Indonesia.

Rakernas XI PMKRI ini berlangsung di Toraja sejak 22 Januari 2023 hingga Sabtu (28/1/2023) nanti.(*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved