SNPMB 2023

Ingin Lanjut ke Perguruan Tinggi Negeri? Ini Jalur Resmi SNPMB 2023

Berbeda dengan seleksi mahasiswa baru tahun 2022, di tahun 2023 Kemendikbud Ristek telah melakukan transformasi seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri

Penulis: redaksi | Editor: Apriani Landa
tangkapan layar TribunToraja
SNPMB 2023 

TRIBUNTORAJA.COM - Bagi siswa kelas III sekolah menengah atas (SMA) atau telah lulus, Anda wajib perhatikan hal ini jika ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah merilis jadwal resmi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023.

Berbeda dengan seleksi mahasiswa baru tahun 2022, di tahun 2023 Kemendikbud Ristek telah melakukan transformasi seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2023 diselenggarakan oleh Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Hal ini berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri.

Di tahun 2023, terdapat 3 (tiga) jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Pertama, Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) diganti dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Kedua, yakni Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) diganti dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT).

SNBP dan SNBT sepenuhnya dipersiapkan oleh Tim SNPMB.

Ketiga, yakni jalur Seleksi Mandiri dikelola sepenuhnya oleh PTN masing-masing.

Yang berbeda dalam SNPMB 2023 dibandingnkan tahun sebelumnya adalah masuknya Diploma III dalam proses seleksi. Tahun lalu pesertanya Sarjana dan Sarjana Terapan, tahun ini ditambahkan dengan Diploma III

Seleksi masuk PTN yang baru menekankan kepada pembelajaran menyeluruh, penalaran, dan pemecahan masalah sehingga calon mahasiswa yang terjaring bukanlah orang-orang yang fokus pada hafalan maupun cara cepat mengerjakan soal, tetapi yang memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Jalur SNBP dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik.

Peserta SNBP adalah siswa kelas 12 yang akan lulus pada tahun 2023 dan tidak dikenai biaya untuk keikutsertaan dalam SNBP. Kuota minimum jalur SNBP masing-masing PTN adalah 20 persen.

Bagi siswa yang layak mendaftar SNBP, nilai rapor akan diinput melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Selanjutnya, siswa yang telah lulus SNBP 2023, seperti halnya siswa yang telah lulus SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 2021 dan 2022, tidak diperbolehkan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2023.

Peserta SNBT harus mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan Pusat UTBK PTN. Peserta hanya diperbolehkan mengikuti UTBK sebanyak satu kali.

Untuk mengikuti UTBK dikenai biaya pendaftaran. Calon peserta yang dapat mengikuti SNBT 2023 adalah siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023.

Hasil UTBK hanya berlaku untuk mendaftar SNBT 2023. Mekanisme seleksi SNBT dilakukan berdasarkan hasil UTBK dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan PTN.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved