Katolik

Pemda Toraja Utara Sumbang Rp 200 Juta untuk Pembangunan Gedung Kevikepan Toraja

Peletakan batu pertama ini dilakukan di Buntu Buaya, Jalan Poros Makale - Rantepao, Selasa (3/1/2023).

Penulis: Agatoni Buttang | Editor: Muh. Irham
TribunToraja.com/Agatoni
KEVIKEPAN TORAJA - Uskup Agung Makassar, Mgr John Liku Ada', memimpin prosesi peletakan batu pertama pembangunan gedung Kevikepan Toraja, Selasa (3/1/2023). Kevikepan adalah istilah untuk pembagian wilayah di dalam keuskupan yang dibentuk oleh uskup dan dipimpin oleh vikaris episkopal (vikep). 

RANTEPAO, TRIBUNTORAJA.COM - Bupati Toraja Utara (Torut), Yohanis Bassang hadir peletakan batu pertama pembangunan gedung kevikepan Toraja, Keuskupan Agung Makassar.

Peletakan batu pertama ini dilakukan di Buntu Buaya, Jalan Poros Makale - Rantepao, Selasa (3/1/2023).

Bupati Torut, Yohanis Bassang mengatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara akan memberikan dana sebesar Rp 700 juta untuk perayaan 85 Tahun Baptisan Katolik Pertama di Toraja.

Rp 500 juta untuk anggaran rangkaian acara dan Rp 200 juta untuk pembangunan gedung kevikepan Toraja.

"Pemerintah Toraja Utara membantu pembangunan sebesar Rp200 juta. Total yang kita bantu dalam memperingati 85 tahun Baptisan Katolik pertama Toraja sebesar Rp700 juta," katanya dalam sambutannya.

"Itulah poinnya saya hadir, untuk membantu pembangunan. Saya yakini jika tujuannya untuk pelayanan umat dan masyarakat akan dipermudah oleh Tuhan," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Tana Toraja (Tator), dr Zadrak Tombeg menyampaikan Pemda Tator turut membantu pembangunan gedung kevikepan Toraja.

Ia mengatakan Toraja dapat dipisahkan dari segi administrasi tetapi secara psikologi dan kultur, Toraja Utara dan Tana Toraja tidak pernah dipisahkan.

"Gedung ini merupakan simbol kesatuan dan kebersamaan Sang Torayan. Kesepakatan dan kebersamaan Tator dan Torut nampak dalam pembangunan gedung ini," ujarnya.

"Doa dan dukungan pemerintah kabupaten Tana Toraja akan nyata dalam pembangunan ini dan semua rangkaian kegiatan akan dibantu," katanya menutup sambutannya.

  • Berita Terkait :#Katolik

    Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved