KKB Papua

Sosok Kalenak Murib, Anggota KKB Papua yang Dikenal Bengal dan Suka Menembak Sesuka Hati

Kalenak dikenal sebagai anggota KKB Papua yang urakan dan suka melakukan aksinya seenanya tanpa memperhitungkan resikonya.

Penulis: redaksi | Editor: Muh. Irham
POS KUPANG
Kalenak Murib, anggot KKB Papua yang menembak mati karyawan Bank Papua 

TRIBUNTORAJA.COM - Pelaku penembakan karyawan Bank Papua Cabang Sinak, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, teridentifikasi bernama Kalenak Murib. Kalenak merupakan anggota KKB yang dikenal bengal dan pernah terkena sanksi adat di kelompoknya.

Kalenak dikenal sebagai anggota KKB Papua yang urakan dan suka melakukan aksinya seenanya tanpa memperhitungkan resikonya.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Reserse dan Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Papua, Kombes Faizal Rahmadhani, Selasa (13/12/2022).

Kombes Faizal Rahmadhani mengungkapkan, Kalenak Murib pernah disanksi ooleh pimpinan KKB Papua, Gholiat Tabuni dan Lekagak Talenggen. Kedua orang ini merupakan pimpinan KKB Papua di PUncak dan Puncak Jaya.

"Dia dimarahin lantaran Kalenak Murib melakukan penembakan sesuka hatinya. Nah ini dia berulah lagi," sambungnya.

Dalam perkembangan terbaru, Kalenak Murib melakukan aksi brutalnya dengan menembaki karyawan Bank Papua bernama Darius Julius Yumame (32) di Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

Penembakan terjadi di kawasan Pasar Sinakm Kampung Gigobak, Puncak pada Selasa (13/12), sekitar pukul 09.00 WIT pagi. Korban saat itu hendak membeli nasi kuning untuk sarapan pagi.

Selain kerap berulah, Kalenak juga tidak menetap di satu kelompok. Ia diketahui bergabung dengan beberapa kelompok KKB di wilayah Papua.

"Dia ini ada di kelompok mana saja. Suka menembak dengan sesuka hatinya," ujar Faizal.

Narapidana Kabur

Kalenak sebelumnya tercatat sebagai narapidana dari Lapas Kelas II A Abepura, Kota Jayapura, Papua. Ia kabur pada 28 Juli 2021 dengan dalih menjenguk istrinya yang sedang sakit.

Kalenak Murib divonis bersalah dengan hukuman 16 tahun penjara atas sejumlah tindak pidana. Dia menjalani hukuman di Lapas sejak ditangkap tahun 2016 lalu.

Diketahui Kalenak Murib merupakan pelaku sejumlah kekerasan terkait makar. Dia diadili dengan Pasal 338, 340, dan 365.

Ia merupakan salah satu tersangka utama penyerangan aparat kepolisian disertai pembakaran Polsek Pirime 2011 lalu. Penyerangan Polsek Pirime saat itu menewaskan Kapolsek dan 2 anggotanya.

Saat menjalani hukumannya Lapas Kelas II A Abepura, Kalenak lantas kabur setelah mengelabui petugas. Awalnya ia mengajukan izin untuk menjenguk istrinya yang sedang sakit.

Namun di tengah jalan Kalenak Murib berhasil kabur dengan mengelabui petugas.(*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved