Kesehatan

Kenapa Penderita Hipertensi Gampang Marah? Ini Penjelasannya

Orang yang gampang marah biasanya identik dengan sebutan orang yang terkena penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Editor: Muh. Irham
ist
Ilustrasi marah 

TRIBUNTORAJA.COM - Orang yang gampang marah biasanya identik dengan sebutan orang yang terkena penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Benarkah ada kolerasi antara hipertensi dengan sifat suka marah?

Memang, terdapat hubungan antara tekanan darah tinggi dengan stres. Namun, bukan berarti tekanan darah tinggilah yang menyebabkan seseorang mudah marah.

Sebaliknya, stres bisa membuat tekanan darahmu melonjak sementara.

Pertanyaan berikutnya, apakah stres dapat memicu tekanan darah tinggi dalam jangka panjang? 

Para ahli belum yakin akan hal ini. Namun, mereka mengatakan bahwa dengan berolahraga 3-5 kali seminggu selama 30 menit dapat membantu mengelola tekanan darah. 

Lalu sebenarnya, bagaimana stres atau kemarahan dapat membuat tekanan darah melonjak?

Kenapa Orang Hipertensi Mudah Marah?

Sebenarnya, melabeli penderita darah tinggi sebagai orang yang mudah marah kurang tepat. Mengapa demikian? 

Perlu diketahui dulu bahwa tubuh menghasilkan lonjakan hormon, yaitu adrenalin, saat kamu sedang merasa marah. Hormon ini meningkatkan tekanan darah dengan membuat jantungmu berdetak lebih cepat dan pembuluh darah menyempit.

Hal inilah yang kemudian menyebabkan peningkatan tekanan darah sementara saat marah. Tetapi, bukan berarti peningkatan sementara ini membuatmu langsung memiliki predikat penderita hipertensi.

Bahkan, kamu juga tidak bisa serta-merta menuding kemarahan sebagai penyebab utama hipertensi. Sebab marah bukanlah satu-satunya faktor pemicu hipertensi. Masih ada faktor risiko lain seperti genetik, obesitas, dan kurangnya aktivitas fisik.

Namun, kamu mesti berhati-hati jika stres dan marah terjadi dalam waktu yang lama. Stres dapat meningkatkan keinginanmu untuk melakukan segala hal di luar batas normal, termasuk marah-marah.

Cara Mengendalikan Amarah bagi Penderita Hipertensi

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved