Pemilu 2024

Daftar Enam Partai Politik Lolos Verifikasi Pemilu 2024 di Toraja Utara

Keenam partai politik tersebut yaitu Partai Perindo, PSI, Hanura, Partai Buruh, Partai Kebangkiran Nusantara (PKN), dan Garuda.

Penulis: Freedy Samuel Tuerah | Editor: Apriani Landa
TribunToraja/Freedy Samuel
PARTAI POLITIK - Ketua KPU Toraja Utara, Bonnie. KPU Toraja Utara memutuskan enam parpol non parlemen lolos verifikasi faktual Pemilu 2024. 

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toraja Utara menyatakan enam partai politik (parpol) non Parlemen sudah memenuhi syarat verifikasi administrasi Kepengurusan dan Keanggotaan Pemilu 2024.

Hal ini disampaikan Ketua Komisioner KPU Toraja Utara, Bonnie, saat ditemui di sela-sela tes wawancara anggota PPK di Gedung Tangmento, Senin (12/12/2022).

Keenam partai politik tersebut yaitu Partai Perindo, PSI, Hanura, Partai Buruh, Partai Kebangkiran Nusantara (PKN), dan Garuda.

Partai Perindo adalah parpol pertama lolos Verifikasi Faktual (Verfak) yang diselenggarakan KPU Toraja Utara.

Berdasarkan Putusan MK. No 55/PUU - XVIII/2020 tentang parlemen memberikan peluang partai-partai politik dan Anggota DPR Non Parlemen untuk menjalani Verifikasi Faktual.

Bonnie mengatakan, parpol yang sudah ada anggota di Senayan sudah tidak perlu Verfak lagi.

Ia juga mengatakan informasi mengenai verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai di wilayah Kabupaten Toraja Utara telah dikirim ke KPU Provinsi Sulsel dan ke KPU RI.

"Untuk info verifikasi partai sudah kami kirim datanya ke KPU RI dan segala kebijakan informasi tentang partai menjadi kewenangan KPU RI untuk menginformasikan," tutupnya.(*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved