Ketua FAJI Sulsel Usulkan Sungai Maiting Sebagai Lokasi Kejurnas Arung Jeram

Di Tana Toraja ada dua sungai yang berpotensi sebagai wahana olahraga arung jeram, tapi yang paling berpotensi adalah Sungai Maiting.

Penulis: Kristiani Tandi Rani | Editor: Apriani Landa
Tini
Pelatihan management lomba dan persiapan kejurnas jeram ke-4 yang diadakan Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama dengan FAJI Tana Toraja di Sungai Maiting 

 

TRIBUNTORAJA.COM, MAKALE- Federasi Arung Jeram Indonesia  (FAJI) Provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama dengan FAJI Tana Toraja menggelar pelatihan management lomba dan persiapan kejurnas jeram ke-4.

Kegiatan ini berlangsung di Sungai Maiting, Tapparan, Kabupaten Tana Toraja, 18-20 November 2022.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeng.

Ketua panitia, Yohanis Patandean, berharap melalui ajang ini pemerintah Tana Toraja mampu memberikan khusus pada potensi yang dimiliki Sungai Maiting sebagai wahana arung jeram.

"Harapan kami pemerintah lebih memperhatikan cabang olahraga arung jeram ini,” ucap Yohanis.

“Karena ini cabang olahraga baru di Toraja, biar menjadi salah satu bagian olahraga yang bisa diminati banyak kalangan, khususnya pemuda-pemudi , sehingga tertarik menekuni arung jeram," tambahnya.

Ditambahkan, diharapkan bahwa masyarakat lebih memahami arung jeram sebagai salah satu wahana pariwisata.

"Harapan kami, masyarakat Tana Toraja secara umum memahami bahwa kegiatan arung jeram ini merupakan sebuah kegiatan olahraga, disamping itu merupakan salah satu bagian dari pariwisata," tuturnya.

Dengan terkenalnya destinasi Sungai Maiting ini mampu menarik wisatawan untuk datang di Tapparan.

"Mudah-mudahan setelah kegiatan ini bisa menjadi magnet wisatawan lokal, bahkan wisatawan mancanegara. Khususnya di Lembang Tapparan ini, di Sungai Mai'ting ini bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat Indonesia," jelasnya.

Di Tana Toraja ada dua sungai yang berpotensi sebagai wahana olahraga arung jeram, tapi yang paling berpotensi adalah Sungai Maiting.

"Ada dua sungai di Tana Toraja yang berpotensi untuk dijadikan arena Kejurnas, yaitu sungai Sa'dan dan Maiting,” katanya.

“Dan yang paling potensial ialah sungai Maiting dengan grade 2 hingga 3. Sementara Sungai Sa'dan gradenya 4-5," tutur Yohanis.

Pelatihan ini dimeriahkan Mahakripa UKI Toraja, Mapala Swara Bhuana UKIP Makassar, Kharisma Indonesian, Sinta Laras UNM Makassar, Sispala Sarira SMK 1 Tana Toraja, beserta masyarakat Lembang Tapparan. (*)

Pelatihan management lomba dan persiapan kejurnas jeram ke-4 yang diadakan Federasi Arung Jeram Indonesia  (FAJI) Provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama dengan FAJI Tana Toraja di Sungai Maiting - Tini

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved