Seniman

Mengenal Frans Sarira, Seniman yang Membuat Patung Penari di Anjungan Pantai Losari

Frans Sarira mengatakan patung sebagai salah satu simbol penghargaan tertinggi terhadap makhluk hidup maupun benda yang berharga

Penulis: Freedy Samuel Tuerah | Editor: Muh. Irham
Tribun Toraja Utara/Freedy Samuel
Frans Sarira memperhatikan patung kerbau buatannya. Frans Sarira juga dikenal sebagai seniman patung yang membuat patung penari di Anjungan Pantai Losari Makassar 

TORAJA, TRIBUNTORAJA.COM - Di Anjungan Pantai Losari Makassar, sebuah patung penari Toraja berdiri sejak tahun 2013 lalu. Patuung ini dibuat oeh seorang seniman asal Toraja, Frans Sarira.

Ditemui di sela-sela kegiatannya, Frans Sarira mengatakan patung sebagai salah satu simbol penghargaan tertinggi terhadap makhluk hidup maupun benda yang berharga.

"Patung bagi saya merupakan replik atau bentuk wujud nyata penghargaan bagi makhluk hidup, benda yang berharga," katanya.

Alumni IKIP Makassar yang sekarang sudah berganti nama Universitas Negeri Makassar (UNM) ini menjelaskan,  karya seni itu universal dan bisa menjangkau segala aspek.

Selain membuat patung penari Toraja di Anjungan Pantai Losari, Frans Sarira juga dipercaya membuat patung Tedong Bonga di Bandara Buntu Kunik, Tana Toraja. 

Guru SMPN 1 Kesu Toraja Utara ini menjelaskan bahwa karya seni, khusunya patung wajib dirawat oleh masyarakat.

Frans mengatakan, untuk patung penari Toraja yang berada di Anjungan Losari Makassar terlihat lumayan dirawat oleh pengelola.

Lain cerita ketika beberapa waktu lalu ia berkunjung ke Bandara Buntu Kunik Tana Toraja dan melihat patung hasil karyanya tidak sepenuhnya diperhatikan oleh pengelola, ia merasa sedikit kecewa.

"Dengan melihat hasil karya cipta yang tidak terlalu dirawat, yah jujur sedih juga," ungkapnya.

Ia berharap agar setiap pengelola tempat wisata maupun pemerintah terkait agar bekerja sama merawat dan melestarikan karya-karya seniman dan mendukung seniman dalam dukungan ide, materi dan non-materi.

"Sebenarnya simple, semua pihak berkepentingan harus saling mendukung bukan saling mengharapkan," tutupnya

Diketahui Toraja sedang mempersiapkan lagi perhelatan Lovely Desember yang menjadi ajang pamungkas kunci tahunan di Toraja.

Di dalam kegiatan itu selain memperkenalkan keunikan Toraja secara budaya, juga memperkenalkan seniman beserta hasil karyanya yang harusnya selalu dirawat.(*)

 

  • Berita Terkait :#Seniman

    Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved