Peringatan HKN, Dinkes Toraja Utara Bangkitkan Layanan Kesehatan Enam Pilar

Pelayanan enam pilar untuk mempercepat layanan kesehatan dengan jangkauan yang lebih luas dan lebih bermutu.

Penulis: Ricdwan Abbas | Editor: Apriani Landa
ist
Kepala Dinas Kesehatan Toraja Utara, Elisabeth (kiri) 

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Moment peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58, Dinas Kesehatan Toraja Utara mendorong transformasi layanan kesehatan.

Dinas Kesehatan Toraja Utara akan menerapkan layanan kesehatan enam pilar.

Kepala Dinas Kesehatan Toraja Utara, Elisabeth, mengatakan hal itu merupakan penerapan tema HKN tahun 2022.

"Temanya ‘Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku’ mengandung makna bahwa momen HUT HKN tahun ini mendorong perubahan layanan kesehatan melalui tranformasi kesehatan yang tertuang dalam 6 pilar," kata Elisabeth, Sabtu (12/11/2022) malam.

Dikatakannya, layanan enam pilar untuk mempercepat layanan kesehatan dengan jangkauan yang lebih luas dan lebih bermutu.

Enam pilar dimaksud yakni:

1. Transformasi layanan Kesehatan primer

2. Transformasi layanan rujukan

3. Transformasi sistem ketahanan kesehatan

4. Transformasi pembiayaan

5. Tranformasi SDM kesehatan

6. Transformasi teknologi kesehatan

Penataan sistem ini juga untuk memandirikan masyarakat menangani masalah kesehatan agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang lebih tinggi.

Menurutnya, ini sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Toraja Utara yakni terwujudnya masyarakat yang mandiri, berbudaya dan berdaya saing.

Lebih lanjut kata dia, dalam rangka memeriahkan HUT HKN ke-58, Dinas Kesehatan Toraja Utara menggelar berbagai kegiatan.

Kegiatan digelar yakni olah raga fisik serta lombakan yang melibatkan pemerintah dan masyarakat. Selain itu, juga diadakan aksi sosial.

"Kami akan melaksanakan kegiatan berbasis germas, misalnya senam sehat dan jalan santai bersama jajaran Pemerintah daerah dan masyarakat," katanya.

"Kami juga mengadakan pemeriksaan kesehatan, pelayanan vaksinasi covid massal, serta lomba yang menarik dan ringan antar fasilitas kesehatan," lanjut Elisabeth.

Diharapkan momen ini membangkitkan semangat dan memperkuat persaudaraan para petugas kesehatan dalam menghadapi masa pandemi saat ini.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved