Teladan Pdt Rasely Sinampe Selamatkan Lingkungan, Ketua DPRD Sulsel Beri Apresiasi

Bagi Ina Kartika, penghargaan tersebut sangat istimewa karena pertama kalinya ada orang Sulawesi Selatan yang meraih penghargaan Kalpataru.

Editor: Apriani Landa
ist
Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari, mengenakan pakaian adat Toraja saat Rapat Paripurna dalam rangka HUT Sulsel ke-353, Rabu (19/10/2022). 

TRIBUNTORAJA.COM, Makassar - Pdt Rasely Sinampe mendapat apresiasi khusus pada perayaan HUT Sulsel ke-353.

Ia mendapat perhatian dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Ina Kartika Sari.

Ina Kartika memilih mengenakan baju adat Toraja saat memimpin rapat paripurna HUT Sulsel ke-353, di gedung DPRD Sulsel, Jl Urip Sumoharjo, Rabu (19/10/2022).

Menurutnya, ini sebagai tanda penghargaan kepada Pdt Rasely Sinampe dan juga masyarakat Toraja.

"Untuk menghargai Bapak Pdt Rasely Sinampe dan menghormati masyarakat Toraja. Hari ini, di hari jadi Sulsel ke-353, saya mengenakan baju adat Toraja," kata Ina Kartika.

Pada hari jadi Sulsel ini, Ina Kartika juga menyampaikan selamat kepada Pdt Rasely Sinampe.

Mengapa Pdt Rasely Sinampe begitu spesial bagi politisi Partai Golkar itu?

Pdt Rasely Sinampe adalah warga Sulawesi Selatan dari Toraja yang menerima penghargaan Kalpataru 2022, Juni lalu. Pdt Rasely menerima penghagraan pada kategori pembina.

Bagi Ina Kartika, penghargaan tersebut sangat istimewa karena pertama kalinya ada orang Sulawesi Selatan yang meraih penghargaan Kalpataru.

Pdt Rasely Sinampe juga orang pertama dari Toraja yang meraih penghargaan Kalpataru sejak diadakannya pada tahun 1980 .

Penghargaan yang diraih itu menjadikan Pdt Rasely Sinampe dinobatkan sebagai pahlawan lingkungan hidup.

Ia berjasa karena melestarikan lingkungan bersama jemaat gereja serta mengedukasi pertanian organik pada kelompok tani, warga desa, dan anak muda.

Pdt Rasely Sinampe, kata Ina Kartika, saat melayani jemaat gereja selalu membawa bibit dan membagikannya kepada warga jemaat secara gratis.

Baik bibit tanaman pepohonan maupun bibit sayuran.

Sehingga dorongan dari Pdt Rasely Sinampe memotivasi masyarakat untuk menjaga dan melestarikan lingkungan.

"Bapak Pdt Rasely Sinampe mengajarkan kepada kita semua untuk selalu menjaga keseimbangan antara manusia dengan lingkungan sekaligus mengingatkan kepada kita bahwa menjaga alam tetap lestari adalah bentuk ibadah yang sangat mulia," katanya.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Timur.com dengan judul Siapa Pdt Rasely Sinampe, Tokoh Agama Toraja Utara yang Menginspirasi Ketua DPRD Sulsel

Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved